Ada beberapa macam pengertian Banquet antara lain:
1.Berdasarkan kamus pariwisata dan perhotelan,
Pengertian Banquet adalah
suaturesepsi mewah yang diadakan di ruangan khusus dari hotel, denganmenyediakan
makanan mewah dan juga fasilitas lainnya.
2.Menurut Putra (1998),
Banquet merupakan outlet Food and Beverage Departement yang
bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang
diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan
ke hotel.
3.Menurut R Sukardi,
Banquet adalah pelayanan khusus suatu jaminan atau acaradimana pelayanan tersebut berbeda atau terpisah dengan pelayanan yang adadi restaurant,
coffee shop, atau grill room.
Awalnya hotel tidak menyediakan fasilitas ruangan khusus yangmempunyai kemampuan untuk menampung orang banyak yang akan melakukankegiatan perjamuan di hotel, ini dikarenakan ruangan pertemuan atau ruangan rapat bila ditinjau secara ekonomis dianggap kurang menguntungkan jika hotel harusmenyediakan ruangan besar, dengan peralatan dan pelayanan yang hanya digunakan pada
waktu tertentu.
Sejarah Banquet dilatarbelakangi oleh kodrat manusia yang saling berinteraksi yang pada masa dahulu kaum perancis, keluarga maupun kerabatkaisar, sering kali menyelenggarakan acara berkumpul sambil makan enak diantara kelompoknya masing-masing. Mereka mengundang para relasinya untuk berkumpul
bersama-sama dengan makanan yang tersedia.
Banquet merupakan sarana yang tidak jauh
berbeda dengan restoran baik perlengkapan, peralatan
serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja Banquet
tidak menyediakan sajian secara permanen seperi restoran, melainkan
diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan
menyelenggarakan berbagai bentuk jaminan. Pelayanan pada Banquet
dimulai sejak pelanggan memesan tempathingga akhir acara, kesepakatan
tersebut meliputi:
• Hari / tanggal dan jam pelaksanaan acara
• Jumlah peserta yang hadir
• Macam-macam acara yang diinginkan pelanggan.
• Tahapan penyelenggaraan acara
• Tata ruang
• Jenis pelayanan
• Fasilitas lain yang dinginkan
• Sistem pelayanan
2. Uraian Penyelenggaraan Banquet
Penanganan dalam pelayanan banquet di mulai sejak pelanggan
dan petugas Banquet pertama kali bertemu hingga pada akhir
penyelenggaraan pesta, termasuk pula penyelesaian pembayaran. Proses
tersebut dibagi atas beberapa tahap yaitu:
A. Sebelum Penyelenggaran
- Pada saat penawaran dan permintaan suatu event, pihak Banquet menawarkan berbagai produk pelayanan dengan berbagai fasilitas disertai rincian biayanya. Pihak pelanggan akan memilih produk yangditawarkan oleh pihak Banquet sesuai dengan keinginanya.
- Kedua belah pihak akan saling mengadakan pendekatan, dalam hal ini pihak diwakili oleh Banquet sales dan representative atau Banquet manager. Sedangkan pelanggan diwakili oleh tuan rumah atau panitia pelaksana. Pendekatan ini dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang nantinya technical meeting sebelum acara berlangsung yang melibatkan berbagai pihak terkait baik dari pihak hotel sendiri maupun dari pihak pelanggan.
- Menandatangani surat perjanjian setelah dicapai kesepakatan bersama,kedua belah pihak menandatangani surat perjanjian berisi hak dankewajiban masing-masing pihak.
- Memelihara kesepakatan dengan komunikasi, mulai dari saat penandatangani perjanjian sampai dengan hari acara berlangsung, biasanya terbentang waktu yang cukup lama selama waktu tersebut,kedua belah pihak saling berkomunikasi beberapa kali ada penambahanatau pengurangan yang mungkin terjadi.
B. Saat Pelaksanaan Acara
Tahap ini merupakan saat yang dinantikan oleh pelanggan atas
dasar kesepakatan yang telah dibuat bersama. Pelaksanaan ini bukannya
tanpa kendala,misalnya jika ada perubahan yang mungkin timbul dari pihak
pelanggan. Jika perubahan tersebut sifatnya tidak prinsipal mungkin
tidak menjadi masalah, akantetapi jika tejadi sebaliknya maka akan
menjadi masalah yang mengganggu.Karena itu perjanjian sebagai dasar
kesepakatan bisa dijadikan pedoman dalamsetiap penyelesaian masalah yang
mungkin terjadi. Urutan tahapan ini adalahsebagai berikut:
- Preperation(Persiapan menjelang pelaksanaa)
- Service (pada saat acara berlangsung)
- Clear up (begitu acara selesai segera dibersihkan dan dirapikan kembali seperti semula)
C. Tahapan Setelah Selesai Acara
Setelah acara selesai, sejumlah rekening harus deselesaikan
oleh pihak pelanggan, penyelesaiannya dapat dalam bentuk pembayaran
kantor, trasnsfer bank, dan credit card.
Tahap ini merupakan saat yang tepat
bagi Banquet untuk menerima segala keluhan dan masukan dari pihak
pelanggan untuk menerimasegala keluhan dan masukan dari pihak pelanggan
untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan dan produk. Ini juga
merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan ucapan terima kasih
dan terpilihnya tempat penyelenggaan sekaligus mengingatkan pelanggan.
3. Tugas dan Tanggung Jawab Banquet
Dalam organisasi Banquet dalam melaksanakan segala tugas dan
kegiatan operasionalnya dipimpin oleh seorang Banquet Manager yang
membawahi
Assistant manager, Secretary, Banquet Head Waiter, Banquet Bush Boy.
Berikut ini dijelaskan tugas kerja serta tanggung jawab dari masing-masing jabatan, yakni:
a. Banquet Manager :
- Bertanggung jawab atas banquet section yang dipimpinnya.
- Mengkoordinir seluruh staff yang berada di bawahnya serta memberikan pembinaan secara rutin agar pelayanan dibanquet selalu memuaskan tamu.
- Harus selalu erat hubungannya dengan F & B Manager,Public Relationmanager, Sales Manager, Restaurant manager, Chief Engineering, Sous Chef, F&B Manager, Chief Security dan Executive Housekeeper.
- Melaksanakan tugas-tugas administrasi.
- Memeriksa kesiapan tugas dan seluruh bawahannya. Harus memperhatikan dan mendengarkan keluhan-keluhan tamu sertamenyelesaikan masalah yang harus dipecahkan.
- Mengawasi operasionalbanquet sampai selesai.
b. Assistant Manager
Pada dasarnya tugas dan tanggung jawab dari Banquet Manager dalam
menangani tugasnya sehari-hari juga memikul tanggung jawab dari Banquet
Manager apabila berhalangan datang. Memberikan briefing serta
pengawasan selama berlangsungnya acara.
c. Secretary
- Membantu tugas-tugasBanquet manager dalam menengani pemasukandan pembalasan surat.
- Membuat laporan-laporan yang masuk, baik dari hasil rapat maupunlaporan yang berasal dari pihak luar, termasuk pengaduan-pengaduan dansaran-saran dari tamu yang ada.
- Selain itu bertugas sebagai perantara sebelum bertemu dengan Banquet Manager, terutama yang menggunakan telepon.
d. Banquet Supervisor:
- Mengkoordinir segala kegiatan, mulai dari menyiapkan kebutuhan Acarasampai pelayanan kepada tamu.
- Selain itu bekerja sama dengan bagian kitchen, bar, ataupun bagian- bagian lain demi terciptanya suasana kerja yang baik.
- Menangani segala keluhan dari tamu atau permintaan yang dibutuhkantamu, juga mengecek segala peralatan yang ada.
- Membantu Banquet Manager jika mengalami kesulitan.
- Bertanggung jawab kepada Banquet Manager atas segala kegiatan yang ada di Banquet serta mengawasi cara kerja semua bawahannya selama function berlangsung.
e. Banquet Captain
- Bertanggung jawab mengenai keadaan yang terjadi pada operasional banquet
- Mengkoordinir para waiter
- Membuat time schedulejuga pembagian tugas sesuai jabatan masing-masing.
- Menggambarkan suasana ruangan, meja, kursi, meja buffet, mini garden, juga mengontrol dekorasi.
- Mengontrol semua persiapan sebelum acara dimulai.
- Memimpin briefing sebelum acara dimulai.
- Menyambut tamu yang akan datang sebelum menyerahkan lebih lanjut kepada waiter .
- Membuat laporan harian.
- Melaporkan hasil kegiatan kepada supervisior dan banquet manager tentang hal-hal yang di anggap pincang di dalam operasional kerja.
f. Banquet Waiter
- Melaksanakan tugas yang telah diinstruksikan oleh banquet captain.
- Bertanggung jawab terhadap area yang merupakan bagian tugasnya, misalnya kebersihan dan kerapian.
- Memeriksa semua kelengkapan peralatan yang dibutuhkan untuk keperluanevent nantinya, mulai dari table cloth, napkin, peralatan makan dan minum dan lain-lain.
- Mengatur ruangan kembali dengan sempurna setelah tamu meninggalkan ruangan.
g. Banquet Head Waiter
- Bertanggung jawab mengenai keadaan yang terjadi pada operation banquet .
- Mengkoordinir para waiter dan daily worker.
- Membuat “Time Schedule”juga pembagian tugas sesuai dengan jabatanmasing-masing.
- Menggambarkan susunan meja kursi, meja buffet, mini garden juga mengontrol dekorasi ruangan serta menyiapkan kartu menu dan nama-nama untuk dipasang di meja.
- Mengontrol semua persipan sebelum peralatan tersebut dipasang di meja.
- Memimpin briefing rutin sebelum acara dimulai.
- Membuat serta mengajukan anggaran untuk menambah sarana penunjang atau peralatan-peralatan yang diganti.
h. Banquet Bush Boy
Untuk tugas-tugas Bush boy umumnya adalah membantu dari
pada tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh waiter , karena itu waiter
harus selalu membimbing dan mengarahkan serta memberi contoh yang baik,
juga sabar dan teliti terhadap bush boy
Demikian diharapkan kelak kemudian hari, merekapundapat
memberikan teladan yang baik pada karyawan dan bush boy yang baru, juga
mungkin sebagai modal utama apabila menjadi atasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar